Walau MUI Ditinggal, Gubernur Sumbar Lantik Kepengurusan KDEKS dan Jadi yang Pertama di Indonesia

    Walau MUI Ditinggal, Gubernur Sumbar Lantik Kepengurusan KDEKS dan Jadi yang Pertama di Indonesia

    SUMBAR, - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah resmi melantik anggota Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS). Walau dalam proses pembentukannya pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumbar mengaku ditinggalkan, yang jelas komite tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

    Pelantikkan bertempat di Auditorium Gubernuran, Jl. Sudirman, Padang, Rabu (25/5/2022) pagi. Anggota KDEKS yang terdiri dari Kepala lembaga/instansi dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Sumbar dan Manajemen Eksekutif KDEKS Provinsi Sumbar.

    PUBLIK.CO.ID
    market.biz.id PUBLIK.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Mereka terdiri dari Ketua, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Wakil Ketua, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Direktur Eksekutif, Ahmad Wira, Wakil Direktur Eksekutif, Muhammad Sobri, Direktur Industri Produk Halal, Jimmi Novrianto, Direktur Jasa Keuangan Syariah, Gusti Candra, Direktur Keuangan Sosial Syariah, Arwin Al-Ibrahimi, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Endrizal, dan Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah, M Fany Alfarisi.

    Selaku Ketua KDEKS, Gubernur mengatakan, visi misi yang dicanangkan oleh KDEKS sangat sejalan dengan Visi Misi Sumatera Barat yang menganut prinsip Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Selanjutnya ia harap KDEKS dapat menggerakkan lokomotif pengembangan ekonomi syariah di Indonesia dan menjadi motor penggerak dalam membangun ekosistem ekonomi syariah yang unggul dan berkelanjutan.

    RI1.CO.ID
    market.biz.id RI1.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Secara khusus, saya meminta kepada KDEKS agar menjadi motor penggerak dalam pembangunan usaha untuk memacu pertumbuhan usaha dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat. Apalagi Sumbar direncanakan akan menjadi Pusat Industri Halal tahun 2024, ” ungkapnya.

    Selain itu, Gubernur juga menyinggung terkait dukungan kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Pemprov Sumbar untuk memenuhi Sertifikasi Halal. Dukungan ini diberikan seiring dengan ditetapkannya Sumbar sebagai Pusat Industri Halal Nasional di tahun 2024 mendatang.

    “Peran Pemprov bersama daerah-daerah yang lain sebagai fasilitator dengan memberikan insentif bagi UMKM dan industri kecil menengah untuk memfasilitasi sertifikasi halal, dalam hal ini Pemprov bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), ” katanya.

    Mendukung hal tersebut, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan, mengatakan perlu adanya kolaborasi dan koordinasi lembaga KDEKS dalam mendukung terwujudnya cita-cita Sumatera Barat sebagai Pusat Industri Halal Nasional.

    Cappuccino latte
    market.biz.id Cappuccino latte
    40% Rp 2.000
    Beli sekarang!

    Disamping itu, Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Manajemen Eksekutif KNEKS, Sutan Emir Hidayat, mengapresiasi Kekompakkan dan kerjasama yang solid dari stakeholder terkait, sehingga pembentukan KDEKS Sumbar terhitung cukup cepat dan sangat progresif.

    “Kami perwakilan KNEKS menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada stakeholder yang secara intensif membantu proses penguatan kelembagaan ekonomi dan keuangan syariah di Sumbar, ” tuturnya.

    BIGISSUE.ID
    market.biz.id BIGISSUE.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Direktur KDEKS Provinsi Sumbar, Ahmad Wira, yang baru saja dilantik menyampaikan beberapa program unggulan sementara KDEKS, salah satunya adalah Negeri Sejahtera Elok Syariah, membangun Koperasi Syariah, mendorong konversi Bank Nagari menjadi Bank Syariah, mendorong Percepatan Zona KHAS (Halal, Aman, dan Sehat), menciptakan Seratus Ribu Millennial Entrepreneur secara syariah, dan membangun dana wakaf yang dikelola oleh nazir daerah.

    Ia mengatakan program-program tersebut akan dirapatkan dalam Rapat Pleno KNEKS yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 Mei 2022 mendatang, yang diselenggarakan di Aula Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (**)

    Afrizal

    Afrizal

    Artikel Sebelumnya

    KONI Sumbar Gelar Rapat Koordinasi, Inilah...

    Artikel Berikutnya

    HUT Bhayangkara, Polda Sumbar Gelar Operasi...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 486

    Postingan Tahun ini: 1635

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 469

    Postingan Tahun ini: 2137

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 179

    Postingan Tahun ini: 564

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 146

    Postingan Tahun ini: 443

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Nanang suryana saputra verified

    Ada Apa Di Hutan Sirah Warangan Desa Bangunkarya Pangandaran
    Ini Salah Satu Yang Dilakukan Serda Andrianis Saat Komsos Dengan Warga Masyarakat
    Giat Kapolsek Cikakak di HUT Bhayangkara ke 76
    Berbagai Kegiatan Sosial di Koramil Jampangkukon pada Sail and Touring Sekeseler Siliwangi di Wilayah Kodim Sukabumi

    Rekomendasi

    Dipicu korsleting arus pendek Dalam mobil Hangus Terbakar 
    Innalillah! Dua Bocah Tewas Terbawa Arus Saat Hendak Menyeberangi Sungai
    Pengedar dan Pemakai Narkoba di Padang Diringkus
    UNP Promosi dalam Joint Working Group Indonesia-Perancis di Valenciennes
    Sebanyak 1012 Peserta Ikuti SMMPTN Wilayah Barat 2022 di UNP

    Ikuti Kami